Posted by : Unknown Maandag 22 April 2013



http://3.bp.blogspot.com/_yLBcko35sfg/Sw31utCxJ2I/AAAAAAAAABc/44AbAC1Yw_g/s320/17.jpg
Meskipun pandangan umum menyebutkan bahwa Perang Salib adalah ekspedisi militer yang dilakukan atas nama iman Kristiani, pada dasarnya keuntungan materilah yang menjadi tujuannya. Pada masa itu Eropa dilanda kemiskinan dan kesengsaraan yang berat, dan kemakmuran serta kekayaan bangsa-bangsa Timur, terutama Muslim, menarik perhatian mereka. Inilah yang menyebabkan perubahan tiba-tiba dari kebijakan cinta damai di kalangan Kristen Eropa menjadi agresi militer.

Kita bisa melacak jejak Perang Salib ke tahun 1095, tepatnya November 1095, pada saat Paus Urban II menyelenggarakan Konsili Clermont. Dalam Konsili ini, doktrin cintai damai yang semula mendominasi Dunia Kristen Eropa ditanggalkan, dan sebagai gantinya, menjelang akhir Konsili, Paus Urban II “memanggil” seluruh umat Kristiani Eropa-baik kaya atau miskin, raja atau rakyat biasa-untuk bersatu dan menggelar perang demi “membebaskan” tanah suci dari genggaman orang-orang “kafir” Muslim.

Paus Urban II menyebut pembebasan itu sebagai “Perang Suci”.

Minimnya pengetahuan bangsa Eropa terhadap Islam pada Abad Pertengahan menyebabkan propaganda Paus Urban II sangat mudah menyulut emosi umatnya. Disamping itu, Paus Urban II juga dikenal sebagai orator yang ulung.Dia berniat memantik kebencian di kalangan Kristen Eropa terhadap Kaum Muslim, terutama orang-orang Turki dan Arab, dengan mengatakan Kaum Muslim telah mengganggu peziarah Kristen dan merusak sejumlah tempat suci Kristiani di Jerusalem. Tentu saja, semua itu tidaklah benar.

Untuk menggalang lebih banyak massa, Paus Urban II bahkan menyatakan bahwa siapapun yang ikut serta dalam perang suci, maka seluruh dosa-dosanya akan diampuni, sehingga dalam waktu singkat saja, terbentuklah pasukan Pejuang Salib yang amat besar, terdiri dari para tentara profesional dan puluhan ribu rakyat biasa.

Para ahli sejarah percaya bahwa upaya Paus Urban II didorong oleh keinginannya untuk mendapatkan prestise sekaligus merintangi pencalonan seorang pesaingnya dalam kepausan. Sedangkan di balik sambutan penuh semangat dari para raja, pangeran dan bangsawan Eropa atas seruan Paus, tujuan mereka sebenarnya adalah keduniaan. Sebagaimana diungkapkan oleh Donald Queller dari Universitas Illinois,

“Ksatria-ksatria Perancis menginginkan lebih banyak tanah. Pedagang-pedagang Italia berharap untuk mengembangkan perdagangannya di pelabuhan-pelabuhan Timur Tengah...sementara sejumlah orang miskin bergabung dengan ekspedisi sekadar untuk melarikan diri dari kerasnya kehidupan sehari-hari mereka.”

Sepanjang jalan menuju Jerusalem, milisi yang serakah ini membantai banyak orang Muslim, bahkan Yahudi, dengan harapan menemukan emas dan permata. Diantara pejuang Salib bahkan memiliki kebiasaan membelah perut korban-korban mereka untuk menemukan emas dan batu-batu berharga yang mungkin telah mereka telan sebelum mati. Pada Perang Salib IV, keserakahan yang bagai tanpa batas ini mendorong pejuang Salib melakukan tindakan memalukan : merampok kota Kristen Konstantinopel dan melucuti daun-daun emas dari lukisan-lukisan dinding Kristiani di Hagia Sophia.


Kebiadaban Tentara Salib


http://1.bp.blogspot.com/_yLBcko35sfg/Sw3100RWGpI/AAAAAAAAABk/WFpnW899U4c/s320/caballerorod.jpg

Pada musim panas 1096, Tentara Salib dipecah menjadi tiga kelompok, setiap kelompok menempuh rute yang berbeda menuju Konstantinopel, untuk kemudian bertemu kembali. Kaisar Bizantium, Alexius I, melakukan segala yang bisa dia lakukan untuk melayani Pasukan besar ini, yang terdiri dari 4000 ksatria berkuda dan 25000 prajurit infantri.

Raymond IV de Saint Gilles atau Count Toulouse; Bohemond, Duke Of Taranto: Godfrey de Bouillon;Hugh, Count of Vermandois; dan Robert Duke Of Normandy menjadi panglima-panglima pasukan Salib ini, sementara Uskup Adhemar le Puy, teman dekat Paus Urban II, menjadi penasihat spiritual mereka.

Setelah menghancurkan banyak kota dan desa di sepanjang perjalanan mereka, Tentara Salib akhirnya tiba di luar kota Jerusalem pada 1099. Setelah melakukan pengepungan selama lima minggu, benteng kota Jerusalem pun runtuh. Pasukan Salib menghambur masuk bagai sekawanan binatang buas yang lepas dari kandangnya. “Mereka membunuh semua orang Saracen dan Turki yang mereka temukan...baik laki-laki maupun wanita”

Tentara Salib membantai siapapun yang mereka lihat dan merampas apapun yang tampaknya berharga. Mereka membunuh orang-orang Muslim dan Yahudi, merusak tempat ibadat mereka, tanpa pandang bulu.

Salah seorang pejuang Salib, Raymond de Aguiles, membanggakan kekejaman ini dengan sombong

Pemandangan yang menakjubkan untuk dilihat: sebagian orang-orang kami (dan ini lebih murah hati) memenggal kepala-kepala musuh; yang lainnya menembak mereka dengan panah sehingga mereka berjatuhan dari menara-menara; yang lain lagi menyiksa lebih lama dengan melemparkan mereka ke dalam api. Gundukan kepala, tangan dan kaki tampak di jalan-jalan kota. Orang harus mencari jalan diantara tumpukan mayat dan kuda. Tapi itu hanya hal kecil bila dibandingkan dengan apa yang terjadi di Kuil Sulaiman...di dalam Kuil dan serambi Sulaiman, orang-orang berkuda berkubang darah hingga ke lutut dan tali kekang mereka.

Di dalam karyanya, The Monks Of War, peneliti sejarah Desmond Seward menarasikan kejadian yang tragis ini,

Jerusalem bagai dilanda badai pada bulan Juli 1099. Kerusakan hebat yang ditimbulkan oleh Pejuang Salib menunjukkan betapa minimnya kemampuan Gereja dalam mengkristenkan insting manusia. Seluruh populasi Jerusalem dibantai di ujung pedang, Muslim maupun Yahudi, 70000 orang, laki-laki dan perempuan mengalami holocaust selama tiga hari. Darah menggenang di jalan sampai ke mata kaki dan kuda yang melewatinya mencipratkan darah ke pinggir jalan

Menurut sumber sejarah yang lain, jumlah Muslim yang dibantai adalah 40.000 orang. Berapapun jumlah sebenarnya dari mereka yang dibantai oleh pejuang Salib, apa yang dilakukan oleh pejuang Salib di Tanah Suci adalah contoh konkrit kebiadaban yang mengatasnamakan agama.

Perang Salib I berakhir dengan jatuhnya Jerusalem pada 1099. Setelah 460 tahun di bawah pemerintahan Kaum Muslim, Tanah Suci jatuh di bawah kekuasaan Kaum Kristiani. Para pejuang Salib kemudian mendirikan Kerajaan Latin yang wilayahnya membentang dari Palestina hingga Antiokia, dengan Jerusalem sebagai ibukotanya.

Selanjutnya, Pejuang Salib berusaha meneguhkan kekuasaannya di Timur Tengah. Untuk mempertahankan negara yang baru saja mereka bentuk, mereka perlu mengorganisasikan diri sendiri, termasuk mengorganisasikan militer demi pertahanan. Dengan alasan itu pula, dibentuklah sejumlah ordo-ordo militer. Anggota-anggota orde militer ini-yang bermigrasi dari Eropa ke Palestina- menjalani kehidupan layaknya biarawan. Namun pada saat yang sama, mereka juga dilatih untuk memerangi Kaum Muslim.

Secara khusus, salah satu dari ordo-ordo ini berbeda dengan yang lainnya. Ia mengalami transformasi yang kelak akan memengaruhi jalannya sejarah, tidak hanya di Eropa, melainkan juga dunia. Nama ordo ini: KSATRIA TEMPLAR.

Terbentuknya Ordo Templar

Sekitar 20 tahun setelah penaklukan Jerusalem oleh Tentara Salib dan pembentukan Kerajaan Latin, Ordo Ksatria Templar muncul untuk pertama kalinya di panggung sejarah, menggunakan nama lengkap Pauperes commilitones Christi Templique Salomonis atau Tentara Miskin Pengikut Yesus Kristus dan Kuil Sulaiman.

Ordo militer ini dibentuk pada tahun 1118 oleh sembilan Ksatria Salib: Hugues de Payens, Geoffrey de St.Omer, Rossal, Gondamer, Geoffrey Bisol, Payen de Montdidier, Archambaud de St. Agnat, Andre de Montbard, dan Hugh Conte de Champagne. Kesembilan ksatria yang telah bergabung ini kemudian menghadap Baldwin II, Kaisar Jerusalem, meminta kepada raja agar mereka diberi tugas dan tanggungjawab untuk menjaga keselamatan dan harta para peziarah Kristen yang kini berdatangan ke Jerusalem dari segala penjuru Eropa.

Kaisar Jerusalem, Baldwin II, kenal dengan Hugues de Payens, dan hal itu sudah cukup bagi kesembilan ksatria ini untuk mendapatkan permintaan mereka. Sebuah distrik di Jerusalem di mana Kuil Sulaiman dulu pernah berdiri (termasuk kawasan Masjid Al Aqsa), menjadi inspirasi nama bagi kelompok yang dibentuk oleh sembilan ksatria ini.
Selanjutnya, kawasan yang kelak dinamakan Temple Mount itu menjadi markas besar Ksatria Templar selama hampir 70 tahun. Dalam waktu singkat Para Templar yang menyebut dirinya “Tentara Miskin” menjadi sangat makmur. Mereka mengontrol penuh para peziarah Kristen yang berdatangan dari Eropa ke Palestina, dan menjadi kaya dari uang para peziarah tersebut. Mereka pula yang pertama kali mengenalkan sistem cek dan kredit, menyerupai yang ada di sebuah bank. Menurut penulis Inggris, Michael Baigent dan Richard Leigh, mereka membangun semacam kapitalisme abad pertengahan, dan merintis jalan menuju perbankan modern dengan transaksi mereka yang berbasis bunga

Pertanyaannya, mengapa Templar menjadikan kawasan Temple Mount sebagai markas besar?

Saat menghadap Raja Baldwin, kesembilan ksatria yang tergabung menjadi Ordo Templar ini sebenarnya memang sudah memilih kawasan itu untuk dijadikan “tempat” mereka. Alasan utama mengapa Templar memilih kawasan Temple Mount sebagai markas besar adalah karena mereka mengetahui apa yang tidak diketahui oleh Penguasa Kristen di Jerusalem saat itu: bahwa di reruntuhan Kuil Herod, tersimpan sebuah rahasia.

Misi Utama Ordo Templar

Pada masa itu, ada sejumlah biarawan prajurit (warrior monk) di Jerusalem, dan mereka menjalankan dengan patuh segala perintah sebagaimana yang ditetapkan dalam piagam bagi ordo militer. Mereka tidak meminta tugas, melainkan melaksanakannya. Sebaliknya, Templar, mereka meminta untuk diri sendiri “tugas kemanusiaan” yang wilayah cakupannya membentang antara Haifa dan Jerusalem-tugas yang jelas mustahil bisa dilaksanakan oleh sembilan ksatria saja. Namun belakangan kita akan ketahui, Templar sengaja meminta tugas ini untuk mendapatkan sesuatu yang lain, alih-alih melaksanakan tugas kemanusiaan.

Penulis buku The Hiram Key, Christopher Knight dan Robert Lomas-keduanya anggota Freemason-mengungkapkan asal-usul dan tujuan Ordo Ksatria Templar. Menurut mereka, Templar menemukan sebuah “rahasia” di reruntuhan Kuil Herod. “Rahasia” ini kemudian mengubah cara pandang mereka terhadap dunia. Selanjutnya, mereka mengadopsi filsafat non Kristiani itu dalam kehidupan mereka.

Tidak ada bukti konkrit yang menunjukkan bahwa selama berkuasa di Temple Mount Templar telah menjalankan perlindungan terhadap peziarah Kristen yang berdatangan ke Jerusalem. Di sisi lain, terdapat bukti-bukti nyata bahwa Templar telah melakukan penggalian atau ekskavasi yang intensif di reruntuhan Kuil Herod.
Sejarawan Perancis, Gaetan Delaforge juga menyatakan hal yang sama.

Tugas sebenarnya dari sembilan ksatria itu adalah melakukan penyelidikan di daerah tersebut untuk mendapatkan berbagai barang peninggalan dan naskah yang berisi intisari dari tradisi-tradisi rahasia Yahudi dan Mesir Kuno.

Pada akhir abad ke-19, Charles Wilson dari Royal Engineering mulai melakukan penelitian arkeologis di Jerusalem. Penelitian yang dia lakukan membawanya kepada kesimpulan bahwa Templar telah mendatangi Jerusalem untuk mempelajari reruntuhan kuil tersebut. Wilson menemukan jejak-jejak penggalian di bawah pondasi kuil dan menyimpulkan hal ini dilakukan dengan peralatan milik Templar.

Sebenarnya, “rahasia” apa yang diperoleh Templar, yang membuat cara pandang mereka berubah?

Menurut pandangan umum dari banyak peneliti, “rahasia” itu adalah Kabbalah.

http://2.bp.blogspot.com/_yLBcko35sfg/Sw32DWPhbYI/AAAAAAAAABs/gOOxAiUi6Qw/s320/30sayfa.jpg

Kabbalah adalah hasil sinkretisme antara kepercayaan pagan (penyembahan berhala) dengan tradisi Yahudi (Judaisme). Selama berabad-abad, Kabbalah diasosiasikan dengan sihir, terutama sihir dari zaman Mesir Kuno. Kabbalah menjadi dasar bagi kepercayaan menyimpang yang dipraktikkan oleh Ordo Ksatria Templar

Secara harfiah, Kabbalah berarti “tradisi lisan”. Bagian esoterik dari mistik Yahudi, Kabbalah juga disebutkan sebagai pelajaran untuk mengetahui rahasia dan makna tersembunyi dalam Taurat. Tetapi ketika kita mengkaji lebih dekat, kita akan menemukan faktanya sama sekali berbeda. Kabbalah tidak memiliki kaitan sedikitpun dengan Taurat. Kabbalah adalah suatu sistem yang berakar kepada penyembahan dan pemujaan terhadap berhala, bahwa ia ada sebelum Taurat, dan menjadi tersebar luas bersama agama Yahudi setelah Taurat diturunkan (adanya proses sinkretisasi).

Ajaran Kabbalah sebenarnya sudah ada di Eropa bahkan sebelum Perang Salib terjadi. Pusat Kabbalah Abad Pertengahan di Eropa adalah sebuah kota kecil di Perancis bernama Narbonne, dan anggotanya berasal dari komunitas Yahudi Azkhenazi. Para ksatria yang membentuk Ordo Templar adalah anggota dari Kabbalah Abad Pertengahan ini. Para Kabbalist Eropa ini, sudah sejak lama ingin “mengambil kembali” naskah-naskah kuno yang tersimpan di reruntuhan Kuil Herod, tapi niat mereka terhalang oleh keberadaan penguasa Muslim di Jerusalem. Ketika Jerusalem akhirnya jatuh pada Perang Salib I, Ksatria Templar melakukan penggalian di Kuil Herod, dan menemukan naskah Sepher ha Bahir, naskah kuno mistik Kabbalah yang konon diciptakan pada masa kekuasaan Nebukadnezar di Babilonia. Penemuan ini dengan segera menghidupkan kembali tradisi mistik Kabbalah, dan menciptakan revolusi kultural terhadap tradisi Kabbalah di Eropa.

Selama ratusan tahun kemudian, Kabbalah dijadikan sumber bagi ilmu-ilmu sihir, dan saat ini kita menyaksikan, betapa sihir telah mendapatkan pengikut tidak hanya dari komunitas Yahudi, tapi juga umat manusia di berbagai penjuru dunia. Templar melakukan penggalian di Jerusalem untuk mendapatkan naskah Kabbalah, yang dengan mempelajari naskah tersebut, mereka berharap bisa memperoleh kekuasaan melalui kekuatan supranatural.

Perkembangan Ordo Templar

http://2.bp.blogspot.com/_yLBcko35sfg/Sw32isokXeI/AAAAAAAAAB0/AYEXEfdfSE8/s320/32sayfa.jpg

Dengan masuknya anggota baru ke dalam Ordo, Templar mengalami perkembangan yang cukup cepat. Tahun 1120, Foulgues d’Angers menjadi anggota Ordo, disusul kemudian oleh Hugo Count de Champagne pada 1125. Kemisteriusan yang menyelubungi Ordo Templar dan pengajaran mistik mereka mendapatkan perhatian khusus dari kalangan aristokrat (bangsawan) Eropa. Dalam Konsili Troyes yang diselenggarakan tahun 1128, Lembaga Kepausan akhirnya mengetahui keberadaan Ordo Templar di Tanah Suci.

Hubungan antara Paus dengan Ordo Templar pada masa ini dibeberkan dalam sebuah artikel yang dimuat di jurnal Mason Turki, Mimar Sinan.
Untuk mendapatkan persetujuan dari Paus terhadap eksistensi ordo ini, Imam Besar (Grand Master) Templar, Hugues de Payens, ditemani oleh lima kstaria, mengunjungi Pope Honorius II. Hugues de Payens kemudian menyerahkan dua lembar surat untuk Paus-yang pertama dari golongan penguasa Jerusalem, dan yang kedua dari King Baudoin II. Kedua surat itu menjelaskan tentang tugas-tugas mulia Ordo Templar, pelayanannya terhadap Kekristenan, dan hal-hal baik lainnya.

Pada 13 Januari 1128, Konsili Troyes mengadakan pertemuan. Orang-orang yang hadir dalam pertemuan ini adalah para pejabat tingkat tinggi Gereja, termasuk Kepala Biara Citaeux, Etienne Harding dan Bernard, Kepala Biara Clairvaux. Dalam pertemuan ini, tercapai kesepakatan bahwa ordo yang dibentuk Hugues de Payens dan delapan ksatria lainnya ini diberi nama Tentara Miskin Pengikut Yesus Kristus, dan Bernard, Kepala Biara Clairvaux, diangkat menjadi pejabat yang akan menyiapkan Kaidah bagi Para Templar (Rule for The Templars). Pada tahun itu, Ordo Templar secara resmi diakui berdiri


http://1.bp.blogspot.com/_yLBcko35sfg/Sw33CRSEzyI/AAAAAAAAAB8/V1QxN3mve4M/s320/bernard.jpg
St. Bernard

Sosok yang kemudian “berperan” penting dalam mengembangkan pengaruh Ordo Templar adalah St. Bernard, orang yang juga menyusun Rule for The Templars. Diangkat sebagai Kepala Biara Clairvaux pada usia 25, dia menjadi juru bicara Gereja yang sangat dihormati dan memiliki pengaruh yang besar terhadap Paus serta Raja Prancis. Yang perlu dicatat, St. Bernard adalah sepupu Andre de Montbard, salah satu pendiri Ordo Templar. Kaidah bagi Para Templar ditulis oleh St Bernard berdasarkan prinsip-prinsip dasar Cistercian Order, dan meskipun Templar mengadopsi banyak peraturan dari kelompok biarawan tersebut, mereka tetap melaksanakan praktik bidah yang dilarang oleh Gereja.

Besar kemungkinan, St.Bernard adalah korban penipuan Templar; Templar telah memanfaatkan kepercayaannya dan, yang terutama, statusnya yang sangat dihormati di Dunia Kristen Eropa, demi membesarkan pengaruh mereka sendiri. St Bernard, yang tampaknya tidak menyadari bahwa dirinya sedang dimanfaatkan, menuliskan buku puji-pujian untuk Ordo Templar yang diberi judul De Laude Novae Militae atau Pujian Kepada Persaudaraan Ksatria Baru, untuk memenuhi permintaan Imam Besar Templar, Hugues de Payens. Waktu itu, St.Bernard sudah menjadi orang kedua yang paling berpengaruh di Dunia Kristen Eropa setelah Sang Paus.

Karya St.Bernard, De Laude Novae Militae dengan cepat tersebar ke seluruh Benua Eropa, dan dalam waktu yang singkat, banyak orang menjadi bersimpati kepada Templar dan memutuskan bergabung dengan ordo ini. Dalam waktu yang hampir bersamaan pula, sejumlah hadiah, penghargaan, dan donasi uang dari sejumlah keluarga Monarki dan Baron dari seluruh Eropa tiba di depan pintu rumah Ordo Templar. Dengan kecepatan yang sungguh mengagumkan, ordo yang semula hanya beranggotakan sembilan ksatria ini berubah menjadi ordo yang besar dan memiliki pengaruh yang kuat.

Berkat karya St.Bernard pula, Templar mendapatkan keistimewaan yang belum pernah didapatkan ordo militer lainnya. Templar telah berubah menjadi organisasi militer, perdagangan, dan keuangan yang paling sukses di Eropa selama Abad Pertengahan. Ketika keberadaan Templar tersebar dari mulut ke mulut sebagai sebuah legenda, organisasi ini telah menjelma menjadi perusahaan multinasional yang memiliki kekayaan luar biasa dan memiliki 1000 pegawai yang terlatih!

Dalam waktu yang relatif singkat, Templar telah menjadi organisasi otonom yang bertanggungjawab langsung kepada Paus, dan tidak pernah membayar pajak apapun kepada raja atau negara manapun untuk setiap aktivitas mereka. Kekayaan Templar terus bertambah setiap hari bagaikan bunga yang mereka tetapkan dalam perbankan. Sementara di Jerusalem, kekuasaan Templar yang legendaris terus berlanjut hingga kejatuhan Acre pada 1291. Pada masa kejayaannya di Jerusalem, Templar menguasai jalur pelayaran dari Eropa ke Palestina, jalur yang biasa digunakan oleh para peziarah yang ingin mengunjungi Tanah Suci.

http://1.bp.blogspot.com/_yLBcko35sfg/Sw33gPEVJhI/AAAAAAAAACE/vNqsDmEArps/s320/0bb1.jpg
Vasco Da Gama adalah anggota Templar yang berlayar untuk mencari "Dunia Baru"


Meskipun nama mereka Ksatria Miskin Pengikut Yesus Kristus, Templar sesungguhnya terdiri dari sejumlah orang paling kaya di Eropa pada masanya: para bankir internasional yang berdomisili di London dan Paris, yang memiliki pelanggan para aristokrat Eropa semacam Blanche of Castile, Alphonse de Poitiers dan Robert of Artois. Menteri Keuangan di pemerintahan James I of Aragon, Charles I of Naples, dan penasihat Louis VII dari Perancis adalah anggota Templar.

Pada 1147, setidaknya ada 700 kstaria Templar berikut 2400 pelayannya di Jerusalem. Di berbagai penjuru dunia, terutama di Eropa, sekitar 3468 kastil sudah menjadi milik Ordo Templar. Mereka membangun banyak rute sekaligus pos perdagangan baik di darat maupun di laut, memperoleh banyak harta rampasan dari setiap peperangan yang mereka ikuti. Pendek kata, diantara negara-negara Eropa, Templar tiba-tiba saja menjadi kekuatan politik yang sangat diperhitungkan, dan seringkali dipanggil untuk menyelesaikan konflik antar negara Eropa (mirip PBB pada zaman modern).

Di dalam buku The Temple and the Lodge, penulis Michael Baigent dan Richard Leigh menyebutkan pengaruh Templar sesungguhnya sudah meluas ke seluruh daratan Eropa. Mereka berada dimana saja, bahkan memainkan peranan penting dalam penciptaan Magna Carta di Inggris. Mereka adalah bankir-bankir terkuat dan paling kaya pada masanya sekaligus kekuatan militer yang paling besar di Eropa. Mereka merancang dan mendanai pembangunan katedral, mewadahi berbagai transaksi internasional, bahkan mensuplai pengurus rumah tangga bagi keluarga-keluarga kerajaan.

“Tukang Riba Kristen”

Menurut Alan Butler dan Stephen Dafoe

Ksatria Templar adalah pemodal-pemodal yang ahli, yang menggunakan teknik perdagangan yang belum dikenal bangsa Eropa pada masa itu. Mereka mempelajari teknik-teknik seperti itu dari sumber-sumber Yahudi, namun dalam pelaksanaannya mereka mengembangkannya sedemikian rupa dengan cara mereka sendiri demi memperluas kerajaan keuangan mereka.

Walaupun praktik riba pada masa itu (Abad Pertengahan) diharamkan oleh Gereja Katolik, Templar sama sekali tidak mengindahkan peraturan ini dan tetap menjalankan praktik perbankan dengan sistem bunga. Hebatnya, pihak Gereja Katolik yang mengetahui bahwa Templar menghalalkan riba tidak berani menurunkan sanksi terhadap Ordo yang menyimpang ini. Mengapa? Sebagian peneliti meyakini, Templar pada saat itu sudah tumbuh menjadi kekuatan yang sangat kaya dan berkuasa, sehingga tidak seorang pun berani berbicara melawan mereka atau melakukan tindakan menentang mereka. Keadaan seperti ini membuat Templar menjadi besar kepala, sehingga mereka tidak lagi mau tunduk kepada raja dan Paus, bahkan menantang otoritas mereka.

Pada Abad ke-12, perjalanan di Eropa, terutama perjalanan dagang, adalah kegiatan yang penuh dengan risiko. Para pedagang yang membawa uang atau komoditas berharga lainnya harus bertindak hati-hati dan menjaga barangnya dengan ketat karena bandit bisa muncul kapan saja dan dimana saja. Templar yang memahami keadaan ini, berhasil memetik keuntungan dari kondisi yang ada, dengan menjalankan sebuah sistem perbankan yang sebenarnya cukup sederhana, yang kelak kita kenal sebagai “cek”. Contohnya, jika seorang pedagang hendak bepergian dari London ke Paris, yang pertama dia lakukan adalah mendatangi kantor Templar di London dan menyimpan uangnya di sana. Sebagai gantinya, dia akan mendapatkan sebuah catatan yang berkode dari kantor Templar. Saat sang pedagang tiba di Paris, dia bisa menukarkan catatan berkode itu di kantor Templar Paris, dan mendapatkan kembali uang yang dia simpan di London. Tentu saja, setelah dikurangi fee dan bunga.

Sistem yang sepertinya menawarkan banyak kemudahan ini kemudian digunakan oleh sebagian besar peziarah yang kaya, yang datang ke Jerusalem menggunakan rute yang dikuasai oleh Ordo Templar juga. Cek yang dikeluarkan oleh bank milik Templar di Eropa, bisa dicairkan di bank milik Templar di Palestina, tentu saja setelah dipotong bunga yang sangat besar dan fee. Uang, bank, dan bunga, selalu menjadi perhatian utama para Templar pada Abad Pertengahan yang dilanjutkan oleh keturunan mereka yang sekarang menguasai dunia. Dengan cara seperti inilah, memanfaatkan uang dan kekayaan orang lain, Templar membangun kerajaan bisnisnya, menjadikan diri mereka sangat kaya dan berkuasa. Dalam bukunya The Temple and the Lodge, penulis Michael Baigent dan Richard Leigh menyatakan bahwa Templar adalah peletak dasar perbankan modern dan sistem ekonomi kapitalis yang kelak dianut oleh bangsa Eropa dan Amerika Serikat. Pada masanya, Templar telah mengembangkan “kapitalisme Abad Pertengahan”. Mereka meminjamkan uang dengan bunga mencapai 60 % dan mengontrol pergerakan uang di Eropa.

Menggunakan metode yang menyerupai bank swasta modern, Templar mengambil keuntungan baik dari perdagangan maupun perbankan, termasuk juga dari harta donasi dari sejumlah peziarah yang kaya atau aristokrat Eropa yang dekat dengan mereka. Mereka telah berkembang menjadi perusahaan multinasional yang kaya dan sangat berpengaruh. Kekuatan keuangan yang dimiliki oleh Templar pada akhirnya menguasai sistem keuangan di sejumlah kerajaan di Eropa, terutama Inggris dan Perancis, dan keluarga dua kerajaan tersebut berhutang sangat banyak kepada Templar. Hutang-hutang ini menyebabkan para raja itu hidup dibawah kekuasaan Templar, berharap Templar berkenan meminjamkan uang, dan pada akhirnya menjadikan keluarga-keluarga kerajaan sangat bergantung kepada keberadaan Templar. Jika sudah begini, Templar bisa dengan mudah memanipulasi para raja dan keluarganya, mempengaruhi kebijakan nasional sang raja, sehingga berpihak kepada kepentingan mereka.

Jika sebuah negara sudah jatuh ke dalam jerat hutang para bankir internasional seperti Templar, maka pada detik itu juga, negara itu sudah kehilangan kedaulatannya dan yang berkuasa sesungguhnya adalah para korporat/bankir tersebut. Raja atau pemimpin negara, tak ubahnya boneka mereka, yang bisa disingkirkan kapanpun mereka suka. Dengan cara seperti inilah, Templar membangun kekuatan politiknya di Eropa, dan menjadikan mereka organisasi yang kuat dan sangat sulit ditumpas di benua itu, meskipun kedudukan mereka di Palestina berhasil diruntuhkan oleh Umat Islam yang dipimpin oleh Shalahuddin Al Ayubbi.

Perang Hattin

Menyusul wafatnya Baldwin I, Raja Kerajaan Latin di Jerusalem, pada 1186, Guy de Lusignan-yang dikenal memiliki hubungan akrab dengan Ksatria Templar-dinobatkan sebagai Raja Jerusalem yang baru. Reynald de Chatillon, pangeran dari Antiokia, menjadi sahabat terdekat Sang Raja. Setelah terlibat dalam Perang Salib II, Reynald “beristirahat” di Jerusalem, dimana dia menjalin persahabatan dengan Ksatria Templar.

Di Jerusalem, Reynald de Chatillon sangat terkenal dengan kekejamannya. Dia adalah pendukung Ksatria Templar yang menginginkan perang dengan Shalahuddin Al Ayubbi demi dominasi total seluruh kawasan Timur Tengah. Perang ini benar-benar terlaksana pada 4 Juli 1187 - sejarah menyebutnya Perang Hattin. Lebih dari 20000 prajurit infantri Tentara Salib beserta ribuan ksatria berkuda yang berangkat ke perang ini. Namun Shalahuddin Al Ayubbi dan pasukannya berhasil menyapu Tentara Salib, membuat ribuan dari mereka kehilangan nyawa, dan mereka yang masih hidup ditangkap. Diantara yang tertangkap adalah Guy de Lusignan dan Reynald de Chatillon.

Sultan Shalahuddin yang mengerti kekejaman Templar, menghukum mati mereka semua, termasuk diantaranya Reynald de Chatillon dan Imam Besar Ordo Templar.Akan halnya Guy de Lusignan, ia dibebaskan setelah dipenjara selama satu tahun di Nablus.
Setelah kemenangannya di Hattin, Salahuddin membawa pasukannya untuk membebaskan Jerusalem. Meskipun mengalami kekalahan telak dalam mempertahankan Jerusalem, sejumlah anggota Templar berhasil menyelamatkan diri dan bersama Umat Kristen lainnya kembali ke Eropa. Sebagian besar diantaranya pergi ke Perancis dan, berkat status istimewa mereka di Eropa, anggota Templar yang kembali ini berhasil meningkatkan lagi kekuasaan dan kekayaan mereka, hingga mereka tumbuh menajdi “negara di dalam negara” di banyak negara Eropa.

Acre, benteng terakhir Tentara Salib di Palestina, berhasil direbut oleh Umat Islam pada 1291. Dengan direbutnya Acre, alasan utama keberadaan Templar di Palestina-melindungi peziarah Eropa yang datang ke Tanah Suci-lenyap bersama debu batu benteng Acre yang hancur.

Dalam situasi ini, anggota Templar mendapatkan pertolongan dari teman bangsawan Kerajaan Inggris, Richard Si Hati Singa. Raja Richard menjual pulau Siprus kepada Ksatria Templar, dan yang terakhir ini segera mengubah pulau itu menjadi basis sementara mereka, sebelum mereka menguatkan kedudukan di Eropa, lalu “merebut kembali” Palestina. Cita-cita Templar untuk kembali ke Palestina ini baru terwujud 800 tahun kemudian, ketika negara Israel berdiri di atas tanah milik bangsa Palestina.

Siprus: Markas Sementara

Untuk memahami hubungan antara Siprus dengan Ordo Templar, kita harus menatap lagi peristiwa demi peristiwa yang berpuncak pada pecahnya Perang Salib III.
Pada 4 Juli 1187, Jerusalem berhasil direbut kembali oleh Kaum Muslim. Raja Jerusalem, Guy de Lusignan ditangkap lalu dibebaskan setahun kemudian, setelah bersumpah tidak akan menyerang Kaum Muslim lagi.

Jerman, Perancis dan Inggris membuat keputusan bersama untuk melancarkan Perang Salib III yang bertujuan mengambilalih lagi Jerusalem yang berhasil dikuasai Umat Islam. Namun sebelum melancarkan serangan inti ke Kota Suci Jerusalem (Al Quds) Tentara Salib III memutuskan untuk merebut sebuah pelabuhan, dimana mereka bisa mendaratkan pasukan dan mengatur suplai makanan dan senjata. Jerman, Perancis dan Inggris sepakat memilih pelabuhan Acre; dan Raja Phillip dari Perancis serta Raja Richard dari Inggris memulai pelayaran mereka.

Tak lama setelah armada laut Inggris menaklukkan Siprus, salah satu Imam Templar-bukan Imam Besar-Robert de Sable mendatangi Raja Richard, membawa proposal untuk membeli Siprus dengan harga 100000 bezants (mata uang emas Kekaisaran Byzantium), bahkan de Sable berani membayar uang panjar sebesar 40000 bezants saat itu juga jika Raja Richard berkenan. Bagaimana Templar bisa mengeluarkan begitu banyak uang setelah kekalahan mereka di Hattin, jelas menunjukkan betapa kayanya ordo ini.

Tahun 1291, Acre jatuh ke tangan Kaum Muslimin, mengakhiri keberadaan Kaum Kristiani Eropa di Timur Tengah, dan Templar pun turut serta pergi meninggalkan kawasan tersebut. Sebagian dari Templar menetap di Siprus, dan membangun sebuah markas di pulau ini. Setelah terusir dari Tanah Suci, tujuan Templar selanjutnya adalah memiliki kerajaan sendiri di Eropa, seperti yang dialami oleh Ordo Ksatria Teutonic di Eropa Utara. Hanya saja, Templar menginginkan kerajaannya berdiri di pusat peradaban Eropa-kemungkinan Perancis.

Di Eropa, di bawah bimbingan dan perlindungan Imam-Imam mereka yang bermarkas di Perancis, Templar kembali menjalankan ativitas mereka dengan kebebasan yang luar biasa; perbankan dengan riba, kapitalisme Abad Pertengahan, dan ritual Kabbalah. Imam Besar Templar menikmati kedudukan yang seimbang dengan raja-raja Eropa; dan Kaum Templar memiliki begitu banyak tanah di Benua Biru ini, dari Denmark hingga Italia. Templar juga membangun kekuatan militernya secara besar-besaran demi mendukung kekuatan politiknya. Dan karena hampir semua keluarga kerajaan di Eropa berhutang kepada Templar, mereka mulai merasakan ordo ini sebagai ancaman yang menakutkan bagi masa depan mereka sendiri.

Kemunduran dan Terbongkarnya Kedok Templar

Setalah penaklukan Acre oleh Kaum Muslimin pada 16 Juni 1291, yang sekaligus mengakhiri kisah panjang pendudukan Tentara Salib, Templar kembali ke Eropa. Mereka terus memperkuat pengaruh politik mereka, menambah jumlah prajurit secara besar-besaran, dan mengumpulkan semakin banyak kekayaan. Namun, dimulai dari titik ini, sejarah kemudian berbalik melawan Templar.

Ketika jumlah anggota dan kekayaan mereka bertambah banyak, kesombongan, keserakahan, ketamakan, dan sikap tirani para anggota Templar juga ikut meningkat. Pada masa itu, Templar sudah menjadi kekuatan yang berseberangan dengan Gereja, baik secara kepercayaan, pengajaran, maupun ritual agama. Hal ini bisa dimaklumi mengingat Templar bukanlah penganut Kristen, melainkan pemeluk doktrin pagan Kabbalah. Dan ketika kekuatan mereka meningkat, mereka mulai terbuka untuk menunjukkan “jati diri” sesungguhnya.

Kerajaan-kerajaan di Eropa, terutama Perancis, mulai menunjukkan “kegerahannya” terhadap intrik demi intrik yang dilakukan Templar di panggung politik Eropa. Setelah berinteraksi sekian lama dengan anggota Templar, raja dan rakyat Eropa akhirnya menyadari bahwa mereka yang menyebut dirinya Ksatria Miskin Pengikut Yesus Kristus ini bukanlah tipe ksatria religius seperti yang digambarkan sebelumnya. Puncaknya pada 1307, Raja Phillip dari Perancis dan Paus Clement V mengetahui bahwa tujuan Templar sebenarnya adalah mengubah kekuatan politik di Eropa, sekaligus mengubah keyakinan masyarakatnya kembali menjadi pagan. Pada Oktober 1307, Paus Clement V dan Raja Phillip mengerahkan pasukannya untuk menghancurkan ordo Templar yang menyimpang tersebut.

Wajah Asli Ordo Templar

Pejuang yang rendah hati, yang berjuang tulus demi Kristiani-inilah wajah yang ditampilkan Templar kepada publik. Pada awal perkembangannya, Templar memperlihatkan dirinya sebagai sekumpulan orang suci yang melakukan kebajikan besar demi agama, serta “penolong” bagi orang-orang miskin dan mereka yang membutuhkan. Sungguh menakjubkan bagaimana mereka mampu menciptakan citra positif bagi kelompoknya, sementara pada saat yang bersamaan, menjalani kehidupan yang menyimpang dari kaidah agama. Beberapa diantara orang-orang yang mengetahui “wajah asli” Templar tidak memiliki keberanian untuk mengungkapkan kebenaran dan melawan kekuatan yang sangat besar ini.

Sebagaimana telah dituturkan sebelumnya, saat melakukan penggalian di Jerusalem, Templar menemukan “rahasia” besar yang telah lama mereka cari: Kabbalah-sebuah pengetahuan kuno tentang sihir dan mistik yang berasal dari zaman pagan kuno. Kabbalah kemudian menjadi akidah Templar, menggantikan Kristen yang sejak awal memang tidak mereka yakini dengan tulus.

Pada masa awal kelahirannya, Templar melaksanakan ritual pagan Kabbalah-nya secara sembunyi-sembunyi. Namun seiring meningkatnya kekuasaan, kekayaan dan pengaruh politik mereka di Eropa, serta keyakinan mereka bahwa masyarakat Eropa telah berhasil diyakinkan bahwa mereka adalah sekumpulan orang suci, para anggota Templar mulai kurang berhati-hati dalam melaksanakan ritual pagannya. Kecerobohan ini mengakibatkan beberapa orang melihat penyimpangan yang dilakukan mereka, dan bisik-bisik pun seketika beredar di tengah masyarakat.

Apa yang dilakukan oleh para “ksatria”kaya itu di balik pintu istananya?

Keserakahan, ketamakan, kekejaman, dan perilaku menyimpang anggota Templar perlahan-lahan diketahui oleh masyarakat, dan menyebabkan timbulnya kecurigaan yang besar terhadap kelompok ini. Kecurigaan muncul di kalangan masyarakat hingga kaum bangsawan. Sementara Lembaga Kepausan sendiri meyakini bahwa Templar, yang semakin lama semakin tidak bisa dikontrol, telah menjalani kehidupan yang menyimpang dari agama. Paus kemudian mencabut hak-hak istimewa yang dimiliki oleh Ordo Templar.

Rumors terkait Ordo Templar pun membubung ke langit Eropa. Terdapat sejumlah tuduhan yang bisa dipercaya, bahwa Templar melakukan praktik yang diharamkan, semacam ritus rahasia yang diselenggarakan di dalam istana-istana mereka, yaitu ritual pemujaan terhadap Setan. Selain itu mereka juga melakukan bermacam tindakan amoral seperti homoseksualitas dan pedophilia. Tuduhan itu dikuatkan dengan sejumlah fakta aktual-kesaksian dari para pelayan yang bekerja di istana-istana ordo Templar.

Clement V, Paus yang terpilih pada 1305, mendapatkan tekanan dari sejumlah uskup daerah, dan juga Raja Perancis, terkait eksistensi Ordo Templar. Singkat kata, para uskup daerah dan Raja Philip menginginkan Paus Clement V mengeluarkan keputusan yang bisa menjadi dasar bagi mereka untuk melakukan tindakan terhadap Templar yang sudah menyimpang. Sementara di Cyprus, Jacques de Molay-Imam Besar Templar-sedang menyiapkan armada perangnya untuk merebut kembali Jerusalem, ketika ia mendapat panggilan dari Paus untuk kembali ke Perancis guna menjawab seluruh tuduhan yang dialamatkan kepada Ordo Templar.

http://2.bp.blogspot.com/_yLBcko35sfg/Sw34WQklO1I/AAAAAAAAACM/vjhftSnL6kQ/s320/0bb03.jpg
Raja Phillip

Namun, apa yang dilakukan oleh Paus rupanya tidak terlalu disetujui oleh Raja Perancis yang menginginkan tindakan tegas yang cepat terhadap Templar. Ia kemudian meluncurkan sebuah undang-undang yang memerintahkan semua anggota Templar ditangkap. Undang-undang ini akhirnya berhasil memaksa Paus Clement V mengeluarkan sebuah keputusan yang tegas.

Pada 13 Oktober 1309, anggota Ksatria Templar, termasuk Imam Besar Jacques de Molay, didakwa di depan pengadilan dengan sejumlah tuduhan, antara lain :
• Bahwa dalam upacara penerimaan anggota baru di Ordo Templar, setiap anggota yang baru bergabung harus mengucapkan sumpah yang menolak eksistensi Tuhan
• Ordo Templar telah melakukan sejumlah tindakan yang melanggar kesucian Salib maupun citra Jesus
• Ordo Templar melakukan tindakan homoseksualitas/sodomi
• Ordo Templar melakukan penyembahan berhala
• Ordo Templar telah menyalahgunakan wewenang mereka untuk mendapatkan kekayaan pribadi

Penyimpangan dalam Keyakinan dan Praktik Keagamaan Ordo Templar

Dengan bukti-bukti berupa dokumen, ditambah pengakuan dari saksi mata, menunjukkan bahwa Templar bukanlah ordo militer Kristen biasa. Ordo Templar adalah sebuah organisasi gelap: mereka menggabungkan keyakinan yang sesat, metode yang menakutkan, dan strategi yang licik sekaligus. Namun di sisi lain, Templar adalah organisasi yang sangat baik, selalu siap sekaligus berbahaya, dan memiliki rencana yang jelas untuk masa depannya.

Selama masa kekuasaannya di Timur Tengah, Templar telah menjalin hubungan dengan sejumlah sekte mistik, termasuk penyihir. Mereka juga dikenal dekat dengan Sekte Al Nizari, atau Sekte Assassin menurut idiom Eropa, yang didirikan oleh Hasan Al Saba, dan merupakan salah satu sekte yang menyimpang dari akidah Islam. Dari sekte ini, Templar mempelajari sejumlah filsafat mistik serta strategi yang kejam, dan juga metode mengatur sebuah organisasi rahasia.

Para petinggi Templar yang tidak pernah mengimani Kristen secara sungguh-sungguh, melakukan ritual menyimpang yang berlandaskan filsafat mistik Kabbalah, yang lekat dengan sihir dan kemusyrikan. Menurut anggota Templar, Setan adalah “tuhan” di dunia manusia dan mereka memang menyembah Setan yang direpresentasikan ke dalam bentuk berhala.

http://2.bp.blogspot.com/_yLBcko35sfg/Sw343EOm-bI/AAAAAAAAACU/LiyMp1fCO4g/s320/bafomet.jpg
Baphomet

Salah satu berhala yang dipuja oleh Templar adalah Baphomet, setan berkepala kambing, yang kelak menjadi simbol bagi Gereja Setan yang dibangun oleh pemuja Lucifer, Anton Szandor La Vey.

Menurut Peter Underwood, penulis Dictionary of the Occult and Supernatural, Baphomet adalah berhala yang disembah oleh Ksatria Templar, dan di dalam Sihir, merupakan sumber sekaligus kreasi dari iblis; setan berkepala kambing yang juga dipuja para penyihir, Sabbath...

Selama masa pengadilan, hampir semua anggota Templar mengakui bahwa mereka telah menyembah Baphomet. Mereka mendeskripsikan berhala itu memiliki kepala manusia yang bentuknya mengerikan, dengan jenggot panjang dan mata yang bersinar. Mereka juga menyebutkan tentang berhala yang bentuknya menyerupai kucing. Para sejarawan sepakat, semua figur yang digambarkan oleh anggota Templar itu adalah obyek dari penyembahan berhala.

Para anggota Templar juga mengakui bahwa mereka tidak mengakui Jesus karena menganggap Jesus adalah “nabi palsu”. Mereka mengaku pula telah melakukan praktek homoseksual. Semua pengakuan ini dicatat oleh pengadilan, dan selama masa pengadilan itu, sebagian besar anggota Templar dipenjarakan.

Setelah pengakuan anggota Templar di pengadilan Raja Prancis, Paus kemudian melakukan interogasi langsung terhadap 72 anggota Templar. Dari hasil interogasi ini, Paus memutuskan untuk membubarkan Ordo Templar, Pada 1314, Jacques de Molay-Imam Besar Templar-dihukum bakar di atas panggung, disaksikan oleh rakyat Perancis. Sejumlah anggota Templar yang telah melarikan diri, dikejar dan ditangkap di berbagai penjuru Eropa. Italia dan Jerman adalah dua negara yang juga melakukan pengejaran dan penangkapan terhadap anggota Templar. Namun, dengan sejumlah alasan, beberapa negara menerima para pelarian Templar ini.

Pada 10 November 1307, Raja Inggris Edward II menulis kepada Paus bahwa dia tidak akan menghukum anggota Templar dan di negaranya, pelarian Templar dijamin keselamatannya. Tapi dua tahun kemudian, setelah menginterogasi anggota Templar, Paus menyatakan bahwa Templar “telah melakukan kejahatan yang tak kuasa untuk diucapkan, dan telah melakukan praktik bidah yang buruk sekali”. Setelah membaca pernyataan Paus, Edward II setuju untuk menghukum anggota Templar.
Puncaknya, pada Konsili Vienna yang diselenggarakan di Perancis tahun 1312, Ordo Ksatria Templar dinyatakan sebagai organisasi terlarang, dan semua anggota Templar yang tertangkap dijatuhi hukuman berat. Pada Maret tahun yang sama, Paus mengeluarkan keputusan yang dinamakan Vox in Excelso, yang intinya menyatakan bahwa Ordo Ksatria Templar telah resmi dibubarkan.

Templar Bergerak “Di Bawah Tanah”

Meskipun Ordo Templar telah resmi dibubarkan, namun menghapuskan keberadaan ordo ini dari benua Eropa terbukti lebih sulit dari yang diperkirakan. Walaupun Imam Besar Templar Jacques de Molay dan sejumlah orang terdekatnya sudah mati dihukum bakar, Templar sebenarnya masih tetap hidup, hanya saja, para anggotanya bergerak “di bawah tanah” atau secara sembunyi-sembunyi. Ribuan kastil dan benteng yang tersebar di seluruh penjuru Eropa masih menjadi milik Ordo Templar.

Menurut sumber sejarah, Dewan Inkuisisi Gereja “hanya” menghukum 620 dari 2.000 anggota Templar yang tertangkap. Jumlah total dari ksatria Templar adalah 20.000 orang, dan untuk setiap ksatria Templar biasanya memiliki delapan pengawal yang masih termasuk anggota ordo juga. Jadi jika kita melakukan perhitungan secara sederhana, ada 160.000 anggota Templar di seluruh Eropa, dan jumlah ini masih merupakan kekuatan terbesar di Eropa pada masa itu. Lepas dari klaim Paus yang menyatakan Templar sudah dimusnahkan, pada kenyataannya, tidak saja Templar berhasil meloloskan diri dari kejaran Dewan Inkuisisi, namun mampu terus bernapas dan melanjutkan hidupnya “di bawah tanah”, terutama di kawasan Inggris dan Eropa Utara.

Salah satu negara yang menjadi tempat pelarian anggota Templar adalah Skotlandia.
Pada abad ke-14, Skotlandia adalah satu-satunya negara di Eropa yang tidak mengakui otoritas Gereja Katolik Roma. Di negara ini, Templar menyusun kekuatannya kembali di bawah perlindungan Raja Skotlandia, Robert the Bruce, dan membangun sebuah markas di daerah Balontrodoch. Tak lama kemudian, mereka menemukan penyamaran yang tepat untuk melanjutkan gerakan rahasia mereka: mereka menyusup ke dalam gilda (serikat kerja) terpenting di Kepulauan Inggris pada abad pertengahan- loge (pemondokan) para mason (tukang batu). Di luar Kerajaan dan pemerintahan lokal di Inggris waktu itu, Mason Lodge atau Pemondokan Tukang Batu adalah organisasi yang paling kuat keberadaannya. Anggota Templar menyusup ke dalam loge-loge ini, dan kemudian menguasainya. Loge Mason yang sebelumnya adalah organisasi murni profesional, setelah dikuasai oleh Templar, berubah menjadi organisasi politik dan ideologis. Sekarang, kita mengenal organisasi yang telah dikuasai Templar ini sebagai Freemason.

Selain Skotlandia, Spanyol juga menjadi tujuan pelarian anggota Templar. Di Spanyol, mereka menyusup ke dalam ordo-ordo seperti Caltrava, Alcantra dan Santiago de la Espada. Ada juga anggota Templar yang melarikan diri ke Portugal dan membangun sebuah ordo yang dinamakan Order Of Christ. Sementara sebagian Templar lain memilih Holy Roman Empire di Jerman sebagai tempat pelarian, dimana mereka bergabung ke dalam Ordo Ksatria Teuton (Teuton Knight), atau ke dalam ordo Hospitalers. Di Inggris, para anggota Templar ditangkap, namun dengan segera dibebaskan. Sementara di beberapa negara lain, Templar dibiarkan hidup tanpa mendapat gangguan.

Sejumlah sumber menyebutkan, setelah kematian Jacques de Molay, para Templar yang bergerak di bawah tanah merencanakan konspirasi untuk menjatuhkan kerajaan Perancis, kerajaan yang telah mengharamkan keberadaan mereka dan mengeksekusi Imam Besar mereka. Rencana ini secara rahasia diwariskan secara turun-temurun kepada para keturunan anggota Templar. Dan lewat upaya tidak kenal lelah dilakukan oleh organisasi “penerus” Templar yaitu Illuminati dan Freemason, rencana ini akhirnya berhasil diwujudkan melalui REVOLUSI PERANCIS.

{ 53 opmerkings... read them below or Comment }

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    AntwoordVee uit
  2. Ini adalah untuk menginformasikan orang-orang masyarakat umum atau wanita yang sehat dan 100% serius dalam menjual ginjal mereka harus segera menghubungi Dr. jennifer terus terang e-mail: otiwhoghalehuspital@gmail.com, karena kita memiliki banyak pasien yang saat ini membutuhkan transplantasi ginjal, Anda mencari kesempatan untuk menjual ginjal mereka untuk uang untuk istirahat keuangan turun dan kami akan memberikan $ 80,000USD untuk ginjal. email kami sekarang, otiwhoghalehuspital @ gmail.com dan Anda juga dapat menambahkan kami pada whats-aplikasi dengan nomor ini +2349034128196 terima kasih.

    AntwoordVee uit
    Antwoorde
    1. Saya mau jual ginjal saya, soalnya punya saya udah rusak. Rencananya saya mau upgrade ke ginjal yg spek nya lebih tinggi. Gimana dokter jenifer bisa bantu gak?

      Vee uit
  3. Sesudah dilarangnya ordo kesatria templar,,siapakah yang mengelola asetnya yang sangat banyak itu,....??

    AntwoordVee uit
  4. Bergabung dengan Illuminate besar untuk menjadi kaya, terkenal
    dan. .for kaya
    membantu
    tentang bagaimana untuk menjadi anggota silakan mengisi
    berikut
    informasi di bawah ini.
    Nama lengkap.....
    Usia.......
    Alamat.....
    Pendudukan......
    Lokasi .....
    Negara........
    Ponsel .....
    E-mail......
    Anda untuk mengambil sumpah dan membuat
    kesepakatan bahwa Anda akan
    tidak pernah mengkhianati Persaudaraan, karena tidak ada
    akan kembali setelah
    mengisi formulir !! Sumpah kami adalah ini: jika saya pernah mencoba
    untuk diungkapkan ini
    rahasia untuk tubuh atau mengkhianati
    masyarakat, Anda membalas
    pesan ini bersama dengan rincian Anda
    mengisi ... biarkan aku mati dengan
    pedang Lucifer .you diharapkan untuk mengatakan
    ini setelah mengisi
    itu
    bentuk,
    buru-buru sekarang dan membuat
    kontak dengan kami hari ini
    (Thegreatilluminatitemple0@gmail.com) atau Anda juga dapat menghubungi kehilangan jennifer di whatsapp dengan nomor ini 2349034128196 ragu untuk bergabung dengan kami.
    kekayaan yang
    milikmu selamanya!!

    AntwoordVee uit
  5. Anda adalah seorang pengusaha, politisi, musik,
    Siswa dan ingin
    Menjadi kaya, kuat, dan terkenal dalam kehidupan
    Membutuhkan kekuatan
    Untuk mencapai impian mereka. Anda bisa mencapainya
    Mimpi dengan a
    Anggota Illuminate. Dengan itu semua
    Mimpi dan
    Keinginan hati yang bisa sepenuhnya tercapai jika Anda
    sangat ingin
    Untuk menjadi anggota nama besar
    Nyalakanlah itu
    Dapat melakukan kontak dengan (illumenatirichtemple@gmail.com)
    Negara ................. ............................. Negara.
    atau
    Panggil miss sarah dan kamu juga bisa menambahkan har whatsapp +2348104857337 terima kasih

    AntwoordVee uit
  6. Bergabunglah dengan besar untuk menjadi kaya, terkenal
    dan. Kaya .for
    membantu
    Tentang bagaimana menjadi member dengan baik mengisi
    berikut
    Informasi di bawah ini
    Nama lengkap.....
    Usia.......
    Alamat.....
    Pendudukan......
    Lokasi .....
    Negara........
    Handphone .....
    E-mail......
    Anda harus mengambil sumpah dan membuat sebuah
    Kesepakatan yang akan Anda
    Tidak pernah mengkhianati Persaudaraan, karena tidak
    Akan kembali setelah
    Mengisi formulir !! Sumpah kami adalah ini: jika saya pernah mencoba
    Untuk mengungkapkan hal ini
    Rahasia keluar ke tubuh atau mengkhianati
    Masyarakat, Anda harus membalas
    Pesan ini beserta detil kamu
    Isi ... biarkan aku mati dengan
    Pedang Lucifer. Anda diharapkan untuk mengatakannya
    Ini setelah mengisi
    itu
    bentuk,
    Cepatlah sekarang dan buatlah
    Kontak dengan kami hari ini
    (Thegreatilluminatitemple0@gmail.com) atau Anda juga bisa menghubungi miss jennifer pada whatsapp dengan nomor ini +2349034128196 merasa bebas untuk bergabung dengan kami.
    Kekayaan adalah
    milikmu selamanya!!

    AntwoordVee uit
  7. Bergabunglah dengan besar untuk menjadi kaya, terkenal
    dan. Kaya .for
    membantu
    Tentang bagaimana menjadi member dengan baik mengisi
    berikut
    Informasi di bawah ini
    Nama lengkap.....
    Usia.......
    Alamat.....
    Pendudukan......
    Lokasi .....
    Negara........
    Handphone .....
    E-mail......
    Anda harus mengambil sumpah dan membuat sebuah
    Kesepakatan yang akan Anda
    Tidak pernah mengkhianati Persaudaraan, karena tidak
    Akan kembali setelah
    Mengisi formulir !! Sumpah kami adalah ini: jika saya pernah mencoba
    Untuk mengungkapkan hal ini
    Rahasia keluar untuk tubuh atau mengkhianati
    Masyarakat, Anda harus membalas
    Pesan ini beserta detail kamu
    Isi ... biarkan aku mati dengan
    Pedang Lucifer. Anda diharapkan untuk mengatakannya
    Ini setelah mengisi
    itu
    bentuk,
    Cepatlah sekarang dan buatlah
    Kontak dengan kami hari ini
    (Thegreatilluminatitemple0@gmail.com) atau Anda juga bisa menghubungi miss jennifer pada whatsapp dengan nomor ini +2349034128196 merasa bebas untuk bergabung dengan kami.
    Kekayaan adalah
    milikmu selamanya!!

    AntwoordVee uit
  8. SELAMAT DATANG DI CANDI BESAR ILLUMINATI

    Apakah Anda menginginkan Ketenaran, Kekuatan, Kekayaan, Kekayaan, Pengakuan dan Posisi yang Baik? Atau Apakah Anda tidak bosan dengan kemiskinan? Mengapa pasangan Anda menikmati hidup? Apakah kamu ingin menjadi kaya dan terkenal ??? Datanglah dan bergabunglah dengan anggota persaudaraan hari ini. Setelah Anda bergabung dengan kami, kami akan membelikan Anda satu dapples di negara mana pun Anda ingin tinggal dengan mobil baru dan Anda juga akan menerima 5.000 dolar per minggu .. Kami akan mengubah Anda Hidup dengan berbagai jenis hal yang Anda inginkan dalam hidup Anda? Apakah kamu
    Ingin mempromosikan bisnis anda? Kami dapat membantu Anda dengan membawa Anda, lebih banyak pelanggan ke bisnis Anda. Apakah Anda seorang musisi? Apakah Anda ingin berada di puncak dunia, seperti LIL WAYNE, RICK ROSS, JAY Z, SEAN PAUL, LUDACRIR.Anda bisa membuat Anda kaya seperti orang-orang ini. Jika Anda membutuhkan bergabung dengan persaudaraan, cukup lewat menghubungi kami melalui email {witchbenluccashollytemple@hotmail.com} atau cantact kami oleh {08160204268 atau nomor whatsapp +2349079785567} hari ini untuk keinginan hati Anda untuk melewatinya.

      Rincian Persyaratan Pribadi:

    Nama lengkap………………………………
    Negara…………………………………
    Negara asal ............................
    Tanggal lahir………………………….
    Seks……………………………………
    Pekerjaan .................................
    Alamat……………………………….
    Telepon…………………………………..
    Alamat email………………

    Salam

    Desmond Ginon

    AntwoordVee uit
  9. Bergabunglah dengan besar untuk menjadi kaya, terkenal
    dan. Kaya .for
    membantu
    Tentang bagaimana menjadi member dengan baik mengisi
    berikut
    Informasi di bawah ini
    Nama lengkap.....
    Usia.......
    Alamat.....
    Pendudukan......
    Lokasi .....
    Negara........
    Handphone .....
    E-mail......
    Anda harus mengambil sumpah dan membuat sebuah
    Kesepakatan yang akan Anda
    Tidak pernah mengkhianati Persaudaraan, karena tidak
    Akan kembali setelah
    Mengisi formulir !! Sumpah kami adalah ini: jika saya pernah mencoba
    Untuk mengungkapkan hal ini
    Rahasia keluar ke tubuh atau mengkhianati
    Masyarakat, Anda harus membalas
    Pesan ini beserta detil kamu
    Isi ... biarkan aku mati dengan
    Pedang Lucifer. Anda diharapkan untuk mengatakannya
    Ini setelah mengisi
    itu
    bentuk,
    Cepatlah sekarang dan buatlah
    Kontak dengan kami hari ini
    (Thegreatilluminatitemple0@gmail.com) atau Anda juga bisa menghubungi miss jennifer pada whatsapp dengan nomor ini +2349034128196 merasa bebas untuk bergabung dengan kami.
    Kekayaan adalah
    milikmu selamanya!!

    AntwoordVee uit
  10. Anda adalah seorang pengusaha, politisi, musik,
    siswa dan keinginan
    menjadi kaya, kuat, dan terkenal dalam Kehidupan
    membutuhkan kekuatan
    untuk mencapai impian mereka. Anda dapat mencapai mereka
    mimpi oleh a
    anggota dari Illuminate. dengan itu semua Anda
    mimpi dan
    keinginan hati yang sepenuhnya bisa tercapai jika Anda
    sangat ingin
    menjadi anggota nama besar
    Menerangi lalu Anda
    dapat melakukan kontak dengan (illumenatirichtemple@gmail.com)
    Negara ................. ............................. Negara.
    atau
    hubungi miss sarah dan Anda juga bisa menambahkan har pada whatsapp +2348104857337 terima kasih

    AntwoordVee uit
  11. Bergabunglah dengan anak-anak yang besar dan menjadi kaya dan terkenal
    MANFAAT YANG DIBERIKAN KE ANGGOTA BARU YANG BERGABUNG
    ILUMINATI.
    Hadiah Uang Tunai sebesar USD $ 300.000 USD
    Mobil Mimpi Sleek Baru senilai USD
    $ 120.000 USD
    A Dream House dibeli di negara Anda
    pilihan sendiri
    Satu Bulan libur (dibayar penuh) untuk impian Anda
    tujuan turis.
    Paket Keanggotaan Golf satu tahun
    Perubahan gaya hidup total
    Akses ke Bohemian Grove
    Pembayaran bulanan $ 1.000.000 USD ke dalam
    rekening bank setiap bulan sebagai anggota
    Satu Bulan memesan Janji dengan 5 Teratas
    Pemimpin dunia dan Top 5 Selebriti di
    Dunia mengirim e-mail Anda ke
    segera inisiasi. Anggota baru
    pendaftaran sekarang terbuka secara online. hubungi agentilluminatimoney@gmail.com
    Atau hubungi / whatsapp +2347035302579

    AntwoordVee uit
  12. +2349034128196 adalah berry hooker dan juga bernama jennifer dia hanya seorang penipu.banyak modus yang digunakan antara lain dengan cara ATM HACKING dan keanggotaan ILUMINATI. dia berasal dari NIGERIA dan banyak jaringanya. bagi orang indonesia jangan pernah mempercayai mereka. mereka hanya seorang penipu dengan julukan Scaming Nigeria 419. waspada jangan sampai anda tertipu hanya untuk mendapatkan uang instan

    AntwoordVee uit
  13. Thank you so much for this kind of post. I аАа’аАТ‚аЂТ˜m very thinking about what you have to say. I will probably be back to see what other stuff you post.
    Sailpoint Training From India

    AntwoordVee uit
  14. This is very good content you share on this blog. it's very informative and provide me future related information.
    Online Training

    Training institute

    best online training institute

    AntwoordVee uit
  15. Really great blog, it's very helpful and has great knowledgeable information.
    sql&plsql certification training

    sql&plsql training classes

    AntwoordVee uit
  16. Excellent post !!!. The strategy you have posted on this technology helped me get into
    the next level and had lot of information in it.
    python online training

    python online training institute

    AntwoordVee uit
  17. To have more enhanced results and optimized benefits, you are able to take the help of experts making a call at QuickBooks Payroll Support Phone Number Well! If you’re not in a position to customize employee payroll in.

    AntwoordVee uit
  18. QuickBooks encounter a sum of undesirable and annoying errors which keep persisting as time passes if you do not resolved instantly. Considered one of such QuickBooks issue is Printer issue which mainly arises as a consequence of a number of hardware and software problems in QuickBook Customer Support Number, printer or drivers.

    AntwoordVee uit
  19. A QuickBooks Payroll Tech Support Number service is a website you can activate by taking the subscription make it easy when it comes to top top features of Payroll in your QuickBooks desktop software.

    AntwoordVee uit
  20. Regardless of the issue is, if it bothers you and deters the performance of your respective business, you may want to not get back seat and gives up, just dial us at our toll-free number and luxuriate in incredible QuickBooks Customer Support Number.

    AntwoordVee uit
  21. Our support, as covered by QuickBooks Enterprise Support number Experts at qbenterprisesupport.com, includes all the functional and technical aspects related to the QuickBooks Enterprise.

    AntwoordVee uit
  22. The quickbooks twenty four hours customer service team can be obtained 247 at toll-free and makes sure that its customers are provided with aid on time. Considering that the customers are of various backgrounds and different forms of businesses, their comprehension of accounting may or may not be up to the mark. Although QuickBooks has left no stone unturned to make use of this software without the prior understanding of accounting, on occasion you can find issues that can’t be solved in single handed manner. The quickbooks online phone support at toll-free number is the better support team that you need to choose for while using QuickBooks. Their QuickBooks Tech Support Number team provides first class assistance at any point of time.

    AntwoordVee uit
  23. Do not need to worry if you are stuck with QuickBooks issue in midnight as our technical specialists at QuickBooks Tech Support Phone Number is present twenty-four hours a day to serve you combined with the best optimal solution very quickly.

    AntwoordVee uit
  24. You will get regular updates from the software. This will create your QuickBooks payroll software accurate. You won’t have any stress in operation. Even for small companies we operate. This technique is wonderful for a medium-sized company. You may get the most wonderful financial tool. Quickbooks Support is present 24/7. You can actually call them anytime. The experts are thrilled to aid.

    AntwoordVee uit
  25. QuickBooks users are often found in situations where they need to face most of the performance and some other errors because of various causes within their computer system. If you need any help for QuickBooks Support Phone Number to get the means to fix these errors and problems, you can easily contact with QuickBooks support phone number and obtain instant help with the guidance of your technical experts.

    AntwoordVee uit
  26. Payroll updates can be found to the users who have subscribed to QuickBooks Support Phone Number advanced & enhanced subscriptions. An individual having payroll subscription are facilitated with trending and lots of accurate calculations of tax tables, forms, e-file & pay options, etc.

    AntwoordVee uit
  27. “Just dial our QuickBooks Payroll Tech Support Number helpline number to inquire of about for Quickbooks Payroll customer support to eliminate payroll issues. We make use of startups to small-scale, medium-sized to multinational companies.”

    AntwoordVee uit
  28. A tiny grouping of execs are capable of you manually due to they’re absolute to offer the standard services. So, in the event that you face any issue and your package you don’t need to go anywhere except us. You simply need certainly to build a straightforward charge less call on our QuickBooks Support variety and rest leave on united states of america country. No doubt, here you will find the unmatchable services by our supportive technical workers.

    AntwoordVee uit
  29. The principal intent behind QuickBooks Support Phone Number is to offer the technical help 24*7 so as in order to prevent wasting your productivity hours. This will be completely a toll-free QuickBooks client Service variety that you won’t pay any call charges. Needless to say, QuickBooks is one among the list of awesome package into the company world. The accounting area of the many companies varies based on this package. You will discover so many fields it covers like creating invoices, managing taxes, managing payroll etc. However exceptions are typical over, sometimes it makes the down sides and user wants QuickBooks Support. Our professionals are terribly dedicated and might solve your entire issues without the fuss. In the event that you call, you will be greeted by our client service representative when taking all of your concern he/she will transfer your preference in to the involved department. The good thing would be the fact that not just you’ll prepare yourself to resolve your problems nevertheless you may be often acknowledged by our technicians and he/she could well keep updating you concerning your problems.

    AntwoordVee uit
  30. The QuickBooks Payroll Support Phone Number has many awesome features that are good enough in terms of small and middle sized business. QuickBooks Payroll also offers a passionate accounting package which include specialized features for accountants also.

    AntwoordVee uit
  31. QuickBooks Enterprise Support Phone Number We understand that your growing business needs your precious time which explains why we offer the most effective to the customers. Our technically skilled professionals are well regarded for smart technical assistance around the world.

    AntwoordVee uit
  32. Resolve any Quickbooks technical issue by the Quickbooks Support instantly . Business owner these days completely rely on QuickBooks to avoid the hassle of the varieties of work. The popular QB versions: Pro Advisor, Payroll and Enterprise have brought a revolution in the current business competition .

    AntwoordVee uit
  33. You could get resolve all of the major issues include installations problem, data access issue, printing related issue, software setup, server not responding error etc with our QuickBooks Payroll Tech Support Number team.

    AntwoordVee uit
  34. You'll want the capacity to split up your business from various edges. It’s extraordinary for organizations which report using one basis & record assesses an additional.Search towards the chart of accounts is simple to manage with added search bar right within the chart of accounts. For better information, you can call at QuickBooks Enterprise Support Phone Number.

    AntwoordVee uit
  35. With regards to features and functionality, QuickBooks always tops the set of perfect accounting software. From accuracy to speed, this software offers the perfection to your accounting process. QuickBooks uses web soul to exhibit all internet based pages. While taking care of this software, you might face a mistake while wanting to look at webpages from QuickBooks program. A mistake message pops through to your screen specifying the error. Don’t panic, because we have been only at QuickBooks Support Phone Number USA to greatly help you realize the error and its particular resolution. We now have a team of dedicate and technically skilled professionals to give you you the most reliable technical assistance in QuickBooks.

    AntwoordVee uit
  36. Quickbooks Support Phone Number as well provides all possible help with the users to utilize it optimally. Someone who keeps connection with experts is able to realize in regards to the latest updates.

    AntwoordVee uit
  37. the area of accounting. In the long run quantity of users and selection of companies that can be chosen by some one or the other, QuickBooks Enterprise Support Number has got plenty of alternatives for most of us. Significant quantity

    AntwoordVee uit
  38. The troubleshooting steps on your own own, avail our QuickBooks Support phone number available twenty-four hours a day to solve any QuickBooks Online Phone Number related issues instantly.

    AntwoordVee uit
  39. Resolve technical problems with Quickbooks Support, USA If your QuickBooks software does not operate properly, the QuickBooks Intuit Tech Support Number team will be pleased to provde the necessary Quickbooks support.

    AntwoordVee uit
  40. All of the changes are manufactured during the year end, as state & federal agencies make plenty of changes for the next year. Someone who has subscribed to payroll from QuickBooks Payroll Support Phone Number can download updates on the internet. If you set up automatic updates on, then new updates are automatically downloaded.

    AntwoordVee uit
  41. Intuit has developed these products by keeping contractor’s needs in mind; also, looked after the application solution in line with the company size. At the moment, QuickBooks Enterprise Technical Support Number software covers significantly more than 80% associated with small-business share of the market.

    AntwoordVee uit
  42. The above solutions must be sufficient in solving the Fix QuickBooks Error 6000-301 and restoring your workflow. If you want to know or are confused on some of the above-provided info, it is advisable to keep in touch with a technical expert at QuickBooks Desktop support telephone number.

    AntwoordVee uit
  43. If this doesn’t help you, go ahead and connect to us at Technical Support QuickBooks Phone Number . Most of us works 24*7 and serve its customers with excellent service each time they contact us. Regardless of what issue is and however complex it really is, we assure you that we offers you optimal solution as soon as possible.

    AntwoordVee uit
  44. So so now you have become well tuned directly into advantages of QuickBooks online payroll in your company accounting but because this premium software contains advanced functions that may help you along with your accounting task to complete, so you may face some technical errors while using the QuickBooks payroll solution. In that case, Quickbooks online payroll support number provides 24/7 make it possible to our customer. Only you must do is make an individual call at our toll-free QuickBooks Payroll tech support number . You could get resolve all of the major issues include installations problem, data access issue, printing related issue, software setup, server not responding error etc with our QuickBooks Payroll Tech Support Number team.

    AntwoordVee uit
  45. Quickbooks enterprise support Contact the Enterprise support team to resolve the QuickBooks Enterprise issues. To contact our certified QuickBooks + 1 (833) 400-1001 specialist, contact the Quick Books support team.

    AntwoordVee uit
  46. Quickbooks enterprise support number Through QuickBooks Enterprise Support, QuickBooks + 1 (833) 400-1001 is available to solve business problems. To contact our certified QuickBooks + 1 (833) 400-1001 specialist, contact the Quick Books support team.

    AntwoordVee uit
  47. Quickbooks enterprise support number Through QuickBooks Enterprise Support, QuickBooks + 1 (833) 400-1001 is available to solve business problems. To contact our certified QuickBooks + 1 (833) 400-1001 specialist, contact the Quick Books support team.

    AntwoordVee uit

  48. The Quickbooks Enhanced Payroll Customer Support offers a hand filled with services. We should do the installation on our desktop to possess it working then. It boils down with three types of services basic, enhanced and assisted. Basic payroll is most affordable amongst all the three service types. Enhanced is a tad bit more expensive then basic and the most high-priced one is assisted.

    AntwoordVee uit

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

Aangedryf deur Blogger.

- Copyright © sejarah -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -